Inilah 3 Macam Kemasan Produk yang Perlu Anda Ketahui

Dilihat dari fungsi kegunaannya kemasan produk dapat dibagi menjadi 2 bagian. Ada yang disebut dengan kemasan primer, kemasan sekunder dan yang terakhir adalah kemasan tersier. Informasi ini harus Anda ketahui terutama bagi Anda yang baru ingin memulai binis Anda. Kemasan produk bisa Anda gunakan untuk bisa membuat tampilan produk yang Anda tawarkan menjadi lebih menarik. Sehingga produk yang Anda jual tersebut bisa lebih cepat dikenal dan lebih banyak laku terjual. Berikut ini adalah informasi mengenai 3 macam kemasan produk yang perlu Anda ketahui sebelum mengirimkan bisnis yang Anda miliki kepada konsumen Anda. silahkan simak informasinya di bawah ini.

Kemasan Primer

Kemasan primer adalah satu dari 3 macam kemasan produk yang perlu Anda ketahui. Kemasan primer digunakan sebagai kemasan yang bersinggung secara langsung dengan produk yang ingin Anda jual. Sebagai contoh Anda membuat produk makanan maka kemasan dari makanan yang Anda miliki itu disebut dengan kemasan primer. Seperti botol, tube, kaleng, kertas, atau plastik yang Anda gunakan untuk mengemas produk yang Anda tawarkan. Kemasan primer ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai pelindung produk, menjaga produk agar tetap awet, sebagai media komunikasi, dan yang paling penting berfungsi untuk menarik perhatian para pelanggan agar membeli produk yang Anda tawarkan.

Kemasan Sekunder

Kemasan yang selanjutnya dari 3 macam kemasan produk adalah kemasan sekunder. Kemasan sekunder adalah kemasan yang digunakan untuk melindungi kemasan primer. Kemasan ini biasanya akan diisi dengan beberapa produk dengan kemasan primer yang diperlukan sebagai tempat penyimpanan saat diletakkan dalam gudang. Selain itu pada saat pendistribusian produk saat dalam transportasi juga membutuhkan kemasan sekunder agar lebih aman selama dalam perjalanan hingga sampai tujuan. Kemasan sekunder ini biasa juga disebut dengan istilah secondary packaging atau istilah lain lagi adalah support packaging atau kemasan penunjang. Bahan digunakan bisa berupa kardus, karton, plastik, tali, pembungkus, tatakan, dan lain sebagainya. Kemasan tersebut tergantung pada kemasan primer yang digunakan serta besarnya kemasan primer yang ingin dibungkus.

Kemasan primer maupun kemasan sekunder ini bertujuan untuk menjaga atau melindungi produk yang Anda kirimkan pada pelanggan sampai dalam keadaan semula. Anda harus membuat kemasan sekunder dengan desain yang dapat senantiasa melindungi produk tetap aman dan tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Jangan sampai barang yang ingin kita kirim mengalami kerusakan seperti terkelupas, penyok, patah, berdebu dan lain sebagainya. Dengan kualitas yang baik maka pelanggan yang membeli pada Anda akan kembali lagi untuk melakukan pemesanan selanjutnya pada Anda.

Kemasan Tersier

Jenis kemasan yang terakhir dari 3 macam kemasan produk adalah kemasan tersier. Kemasan ini disebut juga dengan istilah tertiary packaging atau biasa juga dikenal transport packaging. Kemasan ini digunakan untuk menggabungkan dua kemasan sebelumnya yaitu kemasan primer dan kemasan sekunder. Tujuan adanya kemasan tersier ini adalah meningkatkan keamanan yang dibutuhkan selama dalam pengiriman atau dalam transportasi. Selain bertujuan untuk menjaga dari kerusakan juga berfungsi untuk memudahkan barang untuk dibawa dan dikirim menggunakan segala macam transportasi. Bahan yang digunakan untuk kemasan tersier adalah kemasan yang lebih kuat seperti kayu, plastik, cardboard dan lain sebagainya. Biasanya kemasan ini berukuran lebih besar yang berisi sekumpulan produk yang telah dibungkus dalam kemasan sekunder.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 3 macam kemasan produk yang perlu Anda ketahui. Jika Anda kesulitan mencari kemasan produk yang telah kami sebutkan di atas Anda bisa menghungi kami untuk melakukan pemesanan. Kami adalah penyedia jasa kemasan produk yang bisa Anda andalkan untuk menjaga produk Anda agar selalu aman. Tunggu apalagi segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan sekarang juga.

Leave a Reply