Menjalani sebuah bisnis ukm (usaha kecil menengah) dibutuhkan perjuangan dan juga kerja keras. Bagaimanapun juga bisnis ukm tidak seperti bisnis yang memiliki banyak modal, namun bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang dimulai dari nol. Jika Anda salah satu pemula bisnis ukm, Anda harus cerdas dalam menjalani bisnis Anda, supaya bisnis yang sedang Anda jalani tersebut berkembang dengan pesat. Salah satunya yaitu dengan meraup sejumlah keuntungan dengan menggunakan kemasan yang menarik dengan tepat (tidak over ataupun under specification). Over Spesifikasi dalam pemilihan bahan kemasan anda akan mengakibatkan budget yang terlalu tinggi sehingga menaikan harga pokok perolehan produk yang dikemas, sebaliknya Under Spesifikasi bahan kemasan akan mengakibatkan kerugian karena produk anda tidak terlindungi dengan baik.

Pertama kali yaitu Anda bisa mendapatkan kemasan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Misalnya jenis bisnis yang sedang Anda jalani adalah bisnis makanan, maka akan lebih baik jika makanan yang hendak Anda pasarkan tersebut Anda sesuaikan dengan kemasannya. Akan sangat aneh terlihat jika bisnis Anda makanan ringan namun Anda menggunakan kemasan berbahan kertas. Maka dari itu usahakan kemasan dan juga produk yang Anda jual itu sesuai. Hal ini kemudian yang menjadi keuntungan bagi Anda, karena bisa memilih kemasan yang Anda inginkan.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis, bentuk dan bahan Kemasan untuk produk, perlu juga memperhatikan factor-faktor berikut :

 

  1. Bisa Menarik Perhatian Para Konsumen

Selain Anda diperbolehkan untuk memilih kemasan yang sesuai, keuntungan bisnis kemasan ukm selanjutnya yaitu Anda juga bisa menarik perhatian para konsumen. Tepat sekali dengan adanya kemasan yang menarik maka seacara tidak langsung Anda akan menarik perhatian konsumen untuk bisa mendapatkannya. Karena dibidang bisnis terutama bisnis makanan, konsumen biasanya lebih tertarik dengan kemasannya. Jika kemasan tersebut menarik maka ada niatan para konsumen untuk mencobanya, namun jika kemasannya saja tidak menarik maka sudah bisa dipastikan jika konsumen akan lari. Walaupun demikian, tetap saja rasa dari makanan yang hendak Anda jual juga harus dinomer satukan.

 

  1. Mendapatkan Ciri Khas Atau Brand Yang Hendak Dijual

Selanjutnya keuntungan bisnis kemasan ukm yang akan Anda dapatkan selanjutnya yaitu Anda akan mendapatkan sebuah ciri khas atau brand dari produk yang Anda jual. Misalnya Anda seorang penjual kripik pisang, jika kemasan Anda menarik maka meskipun nantinya akan ada pesaing bisnis Anda atau seseorang yang memulai bisnis dibidang yang sama dengan Anda, maka para konsumen Anda akan tetap setia memilih kripik pisang Anda. Mengapa demikian? Karena Anda memiliki sebuah kemasan yang menarik yang sudah menjadi ciri khas dari produk Anda. Sehingga para pelanggan Anda yang sudah lama menjadi konsumen atas produk Anda akan selalu mengenai kripik pisang yang sedang Anda jual. Dengan begitu intensitas Anda akan kehilangan seorang pelanggan akan semakin berkurang.

 

  1. Mudah dibawa dan tahan lama dalam menyimpan produk

Terlihat bagus dan dikenal banyak pembeli memang menjadi tujuan dari pembuatan kemasan seperti diterangkan diatas, yang perlu diperhatikan adalah kemasan yang dibuat juga harus dapat memenuhi fungsi pokok dari kemasan itu sendiri yaitu mewadahi produk yang dikemas agar mudah dibawa dan dapat menyimpan produk yang dikemas tetap segar, bagus dan tidak berubah rasa dalam waktu yang lebih lama jika produk tidak menggunakan kemasan.

 

Bagaimanapun juga persaingan pasar tentu tak bisa dielakkan lagi. Bukan lagi tentang siapa yang kuat dia yang menang, namun lebih kepada siapa yang kreatif dia yang menang. Makanya Anda harus memulai mencari ciri khas dari produk yang Anda jual, agar Anda selalu diingat oleh para pelanggan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan sebuah kemasan yang menarik Anda jangan khawatirkan hal tersebut, karena kami  akan memberikan Anda solusi dengan menyediakan fasilitas untuk menciptakan kemasan yang sesuai dan cocok untuk produk Anda.

Leave a Reply